Sebanyak 188 Orang Colon Jemaah Haji Paluta Laksanakan Manasik -->

Sponsor

Sebanyak 188 Orang Colon Jemaah Haji Paluta Laksanakan Manasik

Redaksi88News
Senin


Paluta | 88News.id: Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara(Paluta) Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., secara resmi membuka Pelaksanaan Manasik Haji yang diikuti sebanyak 188 Calon Jemaah Haji Kabupaten Paluta, di Aula Mesjid Raya Gunungtua, Senin (06/05/2024).


Acara tersebut turut dihadiri Kakan Kemenag Paluta Drs. H. Safiruddin Harahap, M.Pd., Asisten I, Kajari Paluta, Pimpinan OPD, Kapolsek Padang Bolak, Danramil 05/PB, Pimpinan Bank Sumut, Ketua MUI Paluta, Ketua FKUB Paluta, Ketua Baznas Paluta, Ketua Dewan Mesjid Indonesia Paluta, Para Petugas Haji Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya.


Kakan Kemenag Paluta Drs. H. Safiruddin Harahap, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa manasik haji bertujuan untuk menjelaskan tata cara dan hikmah pelaksanaan ibadah haji serta kesiapan fisik dan mental yang diperlukan selama menunaikan ibadah suci tersebut.


"Oleh karena itu, dengan pelaksanaan acara manasik akbar ini kami semua mendoakan, semoga calon jemaah haji indonesia umumnya dan khususnya calon jemaah haji Kabupaten Paluta selamat sampai di tanah suci makkah dan dapat melaksanakan semua ibadah baik wajib maupun sunahnya" harap beliau.


Penjabat (Pj) Bupati Paluta, Patuan Rahmat Syukur P. Hasibuan, S.STP., MM., dalam sambutannya mengatakan manasik haji merupakan bekal tentang tata cara pelaksanaan haji sehingga beribadah dengan lancar dan benar sesuai kaidah agama.


Manasik haji juga memberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi jamaah, baik menjelang pemberangkatan, pada saat pelaksanaan hingga kembali ke daerah asal nanti.


"Saya berharap agar seluruh calon haji sungguh-sungguh mengikuti bimbingan, rajin membaca, mempelajari materi, agar pengetahuan tentang ibadah haji terus bertambah, sehingga nantinya mendapat predikat haji mabrur," ucap Bupati.


Beliau juga berpesan kepada seluruh calon jemaah harus mulai disiplin mengatur waktu sebaik-baiknya, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan, minum dan istirahat yang cukup.


Calon Jemaah Haji Kabupaten Padang Lawas Utara terdiri dari: 

Laki-laki : 78 orang

Perempuan : 110 orang

Tertua : 

Perempuan : Rosminar Siregar berusia 80 tahun

Laki2 : Mangaraja Huala berusia 81tahun

Termuda :

Perempuan : Sofiawati Harahap berusia 36 tahun 

Laki-laki : Muhammad Lohot berusia 33 tahun


Calon Jemaah Haji Kabupaten Paluta berangkat melalui kloter 24, dan diberangkatkan dari Mesjid Raya Gunungtua pada 7 Juni 2024. Rencananya Jemaah akan tiba di tanah air pada 21 Juli 2024.


Penulis: Umar

Baca Juga

Berita Terbaru