Notification

×

Iklan

Indeks Berita

BPJS Kesehatan Kabanjahe Apresiasi Fasilitas Kesehatan Berkomitmen

Selasa, 04 November 2025 | November 04, 2025 WIB | 0 Views Last Updated 2025-11-03T17:09:51Z

 

Foto : Kacab BPJS Kesehatan Kabanjahe didampingi staf saat foto bersama dengan para pemenang fasilitas kesehatan terbaik. (Dok)


Kabanjahe | 88news.id : Dalam rangka pemantapan dan peningkatan mutu mlayanan kepada npeserta Program mmmJaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Kabanjahe  menggelar pertemuan dengan fasilitas kesehatan di wilayah kerja Kabupaten Karo, Dairi & Pakpak Bharat pada Kamis (09/10). Ajang ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi kepada  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) atas komitmen terbaik yang diberikan dalam melayani dan memberikan kebutuhan peserta JKN.


Kepala  BPJS Kesehatan Kabanjahe, Nora Duita Manurung mengatakan mengucapkan terima kasih kepada seluruh fasilitas kesehatan yang telah mendukung upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada peserta. 


Hal ini diwujudkan dengan berkolaborasi memberikan kemudahan akses informasi terkait program jaminan kesehatan kepada peserta JKN serta memberikan kepastian pelayanan kepada peserta dalam mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.


“Transformasi mutu layanan merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam menghadirkan kemudahan pelayanan kepada peserta JKN secara mudah, cepat, dan setara. 

Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah memberikan pelayanan terbaik dan berkualitas kepada peserta JKN, khususnya fasilitas kesehatan yang telah hadir hari ini untuk diberikan apresiasi atas prestasi sebagai fasilitas kesehatan berkomitmen,” ujar Nora.


Tidak hanya berterima kasih kepada seluruh mitra fasilitas kesehatan, Nora juga menyampaikan  apresiasinya kepada seluruh pemangku kepentingan atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik sehingga Kabupaten Karo, Dairi dan Pakpak Bharat telah berhasil mencapai predikat Universal Health Coverage (UHC) Prioritas.


“Jadi memang pemantauan dan penilaian kami lakukan bersama tim Kedeputian Wilayah untuk menilai komitmen seluruh fasilitas kesehatan dalam kurun waktu 12 bulan terakhir sesuai dengan jenis dan kelas fasilitas kesehatan. Aspek-aspek yang menjadi titik fokus penilaian yakni terkait dukungan fasilitas kesehatan tersebut dalam program transformasi digital yang meliputi banyak hal seperti sistem antrean terintegrasi, ketersediaan informasi tentang jumlah tempat tidur dan jadwal tindakan pelayanan medis serta berbagai transformasi digital lainnya,” jelas Nora.


Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Salak, dr. Manuturi Situmorang menjelaskan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Manuturi menyebut pencapaian ini tidak akan menjadikan pihaknya berpuas diri melainkan akan menjadi motivasi untuk terus memberikan yang terbaik dalam peningkatan mutu layanan kepada peserta JKN.


“Semoga dengan adanya penganugerahan ini, kami dapat lebih semangat lagi untuk berupaya meningkatkan pelayanan yang berkualitas untuk peserta JKN. Mempertahankan tentu lebih sulit daripada meraih. Kedepannya mungkin kami akan bisa maju ketingkat nasional,” ujar Marnuturi.


Tidak puas sampai di situ, Manuturi juga menjelaskan bahwa pengaruh dari komitmen fasilitas kesehatan ini sangat berdampak terhadap keberlangsungan Program JKN.


Menurutnya, sangat erat kaitannya antara mutu pelayanan kesehatan dengan keberlangsungan Program JKN ke depannya, dengan mutu pelayanan yang meningkat tentu memberikan kepercayaan lebih kepada masyarakat untuk memanfaatkan Program JKN.


“Dengan adanya peningkatan mutu layanan terutama di fasilitas kesehatan, hal tersebut langsung dirasakan oleh peserta JKN. Dampaknya tentu bisa meningkatkan kepuasan peserta JKN, karena bagaimanapun tujuan utama terselenggaranya Program JKN adalah memberikan perlindungan dan penjaminan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia,” tutup Manuturi.


Berikut Daftar Pemenang Fasilitas Kesehatan Berkomitmen Terbaik dalam Pelayanan Kesehatan Program JKN Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe Tahun 2025 "


-Kategori RS Kelas C*

RSUD Salak Kabupaten Pakpak Bharat


-Kategori RS Khusus*

RSIA Mina Husada Kabupaten Karo


-Kategori Puskesmas*

Peringkat Pertama : Puskesmas Sukaramai Kabupaten Pakpak Bharat

Peringkat Kedua : Puskesmas Siempat Rube Kabupaten Pakpak Bharat

Peringkat Ketiga : Puskesmas Singgabur Kabupaten Pakpak Bharat


-Kategori Klinik Pratama*

Peringkat Pertama : Klinik Pratama Yoreskitha Kabupaten Karo

Peringkat Kedua : Klinik Pratama Chairisa Kabupaten Dairi

Peringkat Ketiga : Klinik Pratama Cindy Kabupaten Karo 


-Kategori Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi*

Dokter Gigi Apulina Kaban Kabupaten Karo


-Kategori Tempat Praktik Mandiri Dokter* 

Peringkat Pertama : Dokter Mey Margareta Sitanggang Kabupaten Dairi

Peringkat Kedua : Dokter Elfida Purba Kabupaten Dairi

Peringkat Ketiga : Dokter Sri Damayanti Kabupaten Dairi. (Calvin) 



×
Berita Terbaru Update