KPUD Karo Sosialisasikan Tahapan Pilbup dan Wakil Pilbup (Pilkada) Serentak Tahun 2024 -->

Sponsor

KPUD Karo Sosialisasikan Tahapan Pilbup dan Wakil Pilbup (Pilkada) Serentak Tahun 2024

Redaksi88News
Rabu
KPUD Karo Sosialisasikan Tahapan Pilbup dan Wakil Pilbup (Pilkada) Serentak Tahun 2024

Foto : Komisioner KPUD Karo berfoto bersama peserta sosialisasi


Kabanjahe | 88News.id : Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 bertempat di Aula KPU Kabupaten Karo, Jalan Kompleks DKR, Simpang enam Kabanjahe, pada Selasa (30/04/2024) sore.


Sosialisasi tersebut mencakup pemaparan materi terkait peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang akan dilaksanakan pada 27 Nopember mendatang. 


Ketua KPU Karo, Rendra Gaule Ginting dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang jadwal pelaksanaan Pilkada serentak akan dilakukan pada tanggal 27 November 2024.


Untuk menuju proses tersebut salah satu kegiatan yang kami lakukan hari ini, artinya hari ini kita melaksanakan sosialisasi PKPU nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal” katanya.


Ia menjelaskan pada tahapan dan jadwal Pilkada terdapat dua agenda yaitu persiapan dan penyelenggaraan.  Pada tahap persiapan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota sudah melaksanakan sosialisasi tahapan Pilkada, membuka pendaftaran Badan Ad Hoc yakni Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).


Dan nanti selanjutnya akan membuka untuk pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS),” katanya lagi.


Sementara itu pada tahapan penyelenggaraan, KPU Provinsi, Kabupaten/Kota sedang melakukan persiapan terkait masyarakat yang ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota terdiri dari dua cara yakni jalur perseorangan dan jalur pengajuan dari Partai Politik, ujar Ketua KPU.

 Hampir senada, salah satu Wakil Ketua Komisioner KPU Kabupaten Karo, Hendra Lias Sinulingga yang membidangi Divisi Teknis dalam paparannya menjelaskan tentang tahapan dan jadwal pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karo serta penyerahan dukungan pencalonan Perseorangan bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Karo untuk pemilihan serentak tahun 2024.


Bupati Karo diwakili Kepala Kesbangpol  Karo, Tetap Ginting menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Karo tetap mendukung dan berkomitmen mensukseskan Pilkada serentak ini dan siap bersinergi dengan pihak KPU Karo dan para Stakeholder  agar pelaksanaan Pilkada serentak nantinya bisa berjalan lancar dan aman,” kata Tetap Ginting.


Selain jajaran Komisioner KPU Karo, turut hadir pada sosialisasi tersebut yakni, Bawaslu Kabupaten Karo, Perwakilan Kodim 0205/TK, Perwakilan Polres Tanah Karo, Kepala Kesbangpol Karo, Perwakilan Tokoh Lintas Agama, Perwakilan Partai Peserta Pemilu, Perwakilan Perseorangan, Tokoh Pemuda, LSM, Awak Media baik cetak, elektronik dan on-line juga perwakilan masyarakat lainnya.

    

Penulis : Calvin

Baca Juga

Berita Terbaru