Selama 3 Tahun Berturut Pemdes Toure Salurkan Bantuan Benih Tomat dan Cabe -->

Sponsor

Selama 3 Tahun Berturut Pemdes Toure Salurkan Bantuan Benih Tomat dan Cabe

Redaksi88News
Kamis


Minahasa | 88News.id: Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk mensejahterakan masyarakatnya. Seperti yang dilaksanakan pemerintah Desa Touure Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara. 


Menurut Hukum Tua (Kades) Toure Alvian Mokalu.SE, penyaluran benih Tomat dan Cabai (Rica. Bhs Daerah) kepada masyarakat di desanya, semata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang 95 persen adalah petani. 


Ditemui di kediamannya, Kades Alvian Mokalu menjelaskan bahwa  pilihan pemerintah Desa yang dipimpinnya dalam menetapkan alokasi bantuan kepada masyarakat tersebut, sebelumnya itu  melalui musyawarah Desa yang disepakati bersama Badan Perwakilan Desa (BPD) bersama tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama. 


"Selama 3 tahun ini, kami pemdes Toure telah menyalurkan bantuan bibit Rica dan Tomat serta pupuk kepada masyarakat petani," ujar Kades Alvian. 


Mengapa hanya 2 jenis varitas yang diberikan?, kenapa bukan jenis taman lain seperti padi atau kentang?. Kepada wartawan (18/04/2024) Alvian menjawab, bahwa memang hanya 2 jenis tanam yang telah menjadi tanaman unggulan petani di Desanya. 


"Selain iklim menunjang, juga kountur tanah di Desa Toure sangat cocok bersama sumber daya pengetahuan tradisional petani Desa Toure yang sudah sejak lama bercocok tanam Tomat dan Cabai," ujarnya lagi. 


Selain perorangan petani, juga ada 15 kelompok tani (Poktan) yang beranggotakan kurang lebih 150 orang. Dikatakan lagi, biaya pembelian benih diambil dari alokasi Dana Desa (DD) dan menurut Kades Alvian Mokalu, hanya 2 jenis taman ini (cabai dan Tomat) namun sudah mempu mendongkrat ekonomi keluarga petani, bahkan ada petani yang sudah berhasil membangun rumah permanen dan membeli mobil pickup secara cash. 


"Kami pemerintah Desa Toure, juga telah membangun drainase serta memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD kepada 45 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan pengecoran rabat beton jalan di Desa," pungkasnya.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru