Legislative Expo dan UMKM SulutGo hasilkan Inovasi Sinergi UMKM -->

Sponsor

Legislative Expo dan UMKM SulutGo hasilkan Inovasi Sinergi UMKM

Redaksi88News
Jumat
Legislative Expo dan UMKM SulutGo hasilkan Inovasi Sinergi UMKM


Minahasa | 88News.id: Pemerintah Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menjadi tuan rumah pameran Legislative Expo 2024, Rabu, (24/04/2024). 


Dr Lynda Watania.MM.MSi, selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa, mengapresiasi kegiatan pameran tersebut serta menyampaikan harapannya agar pameran Legislative Sulawesi Utara dan Gorontalo (SulutGo) Expo, berdampak pada peningkatan usaha kecil dan menengah di masing-masing Kabupaten / Kota yang ada di Provinsi Sulut dan Provinsi Gorontalo. 


Kepada Wartawan 88News.id, Sekda Lynda Watania mengungkapkan beberapa manfaat dengan adanya pelaksanaan pameran UMKM SulutGo ini. 


"Sebagai Pemerintah Kab Minahasa, kami berharap agar momentum ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan-wisatawan untuk datang di Minahasa, juga mampun mendorong pengembangan promosi para pelaku UMKM yang ada di Minahasa dan menjadi sarana hiburan masyarakat di Kota Tondano yang adalah ibu kota Kabupaten Minahasa. 


Dengan adanya pameran promosi UMKM SultGo yang memiliki multi player effect bagi peningkatan perputaran ekonomi sektor riil (UMKM), baik di Sulut maupun di Gorontalo, teristimewa bagi pelaku UMKM yang ada di sekitar tempat pelaksanaan pameran ini yakni Kota Tondano," ujar Karo Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut (2014) ini. 


Pameran Legislative SuluGo Expo 2024, adalah yang ke Dua Belas kalinya dilaksanakan. Bertujuan sebagai ajang promosi potensi-potensi untuk daerah Sulut dan Gorontalo. Menurut konsep Domus Politica selaku penyelenggara kegiatan pameran, ini sebagai kegiatan baru dalam pameran legislatif dan terbesar di Sulawesi Utara selama 12 tahun ini.


Direktur Eksekutif Domus Politica, Janny Kopalit. “ Ini yang pertama kalinya dalam pelaksanaan Legislative Expo, kita menghadirkan UMKM Expo yang akan menyajikan berbagai produk-produk UMKM lokal, dari Sulut dan Gorontalo  yang tentunya menarik untuk dipamerkan kepada publik," ungkap Janny Kopalit


“Rangkaian acara UMKM Expo akan terdiri dari pelayanan perijinan UMKM, UMKM Award, dan pameran UMKM. Kegiatan ini menjadi agenda tetap yang akan berjalan bersama Legislative Expo di tahun-tahun akan datang” ujarnya lagi.


UMKM sebagai salah satu sektor kerja pemerintah di ranah legislatif, dinilai pihak Domus Politica harusnya berjalan bersama dalam kegiatan ini. Sehingga momen ini bisa menjadi ajang pengenalan dan mengembangkan pemasaran hasil lokal dari para pelaku UMKM.


“Kalau sebelumnya kita hanya menghadirkan produk-produk UMKM lokal dari masing-masing lembaga DPRD Kabupaten/Kota, kali ini kita menghadirkan langsung para pengusaha UMKM tersebut dari Daerah-Daerah” pungkas Dirut Domus Politica.


UMKM Expo akan turut dimeriahkan dengan kehadiran Asosiasi UMKM Sulut, UMKM binaan Perbankan, BUMN, Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Minahasa, dan dari Pemerintah Provinsi Sulut dan Provinsi Gorontalo.


Legislative Expo dan UMKM SulutGo XII akan berlangsung di God Bless Park Tondano, Kabupaten Minahasa pada Rabu (24/4/2024) hingga Sabtu (27/4/2024).


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru