Kabupaten Minahasa dan Sekitarnya Alami Cuaca Tak Menentu, Diminta Agar Masyarakat Lebih Waspada -->

Sponsor

Kabupaten Minahasa dan Sekitarnya Alami Cuaca Tak Menentu, Diminta Agar Masyarakat Lebih Waspada

Redaksi88News
Selasa



Minahasa | 88News.id: Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr.Jemmy Stani Kumendong,M.Si, meminta para pejabat Pemerintah di Kabupaten Minahasa untuk tidak meninggalkan wilayah tugas masing-masing. Hal ini berkaitan dengan kondisi cuaca pada beberapa hari terakhir ini yang tidak menentu bahkan intensitas curah hujan semakin  meningkat, deras dan lama.


“Saya minta para pejabat untuk tidak meninggalkan tempat. Camat, Lurah dan Hukum Tua (Kades) agar tetap siaga di tempat, sambil memonitor wilayah dan melaporkan perkembangan cuaca di wilayahnya masing-masing,” ajak Penjabat Jemmy Kumendong.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa Maya Kainde,SH,MAP, mengatakan bahwa beberapa hari ke depan, sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa diperkirakan akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang.


Hal ini berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Provinsi Sulawesi Utara, beberapa hari ke depan, wilayah Kabupaten Minahasa berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang,” ungkap Kainde


Maya Kainde menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada saat melakukan aktivitas khususnya di luar rumah. Mengingat, cuaca akhir-akhir ini, dalam kondisi kurang baik bagi kesehatan manusia.


“Sekiranya warga yang tinggal di dataran tinggi, lereng gunung, bantaran sungai dan kompleks rawan Tanah longsor serta dataran rendah agar selalu berhati-hati. Jauhi pepohonan yang berpotensi roboh,” himbau mantan Kadis Perhubungan Minahasa ini.


Bahkan lanjut Kainde, bagi warga yang sedang melakukan aktifitas perjalanan dengan menggunakan kendaraan maupun pejalan kaki agar selalu berhati-hati.


“Kita tidak tahu kapan akan terjadi bencana. Semisal ketika dalam perjalanan dengan membawa kendaraan, tiba-tiba ada pohon tumbang atau pun terjadi tanah longsor yang menghalangi perjalanan kita. Intinya kita selalu waspada terhadap cuaca ekstrim sekarang ini,” tambah Kainde


Sementara itu dari instansi  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa,  meminta kepada Pemerintah Kelurahan maupun Desa serta seluruh masyarakat di Kabupaten Minahasa agar secepatnya mengambil langkah, jika sewaktu-waktu terjadi bencana.


“Jika terjadi bencana alam, segera laporkan ke pemerintah daerah atau langsung laporkan kepada BPBD, supaya secepatnya bisa ditangani bersama”, tutupnya.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru