Mediasi Antara Perwakilan PT.Soeloeng Laut dan Masyarakat Peternak Lembu Sinah Kasih Temukan Jalan Damai -->

Sponsor

Mediasi Antara Perwakilan PT.Soeloeng Laut dan Masyarakat Peternak Lembu Sinah Kasih Temukan Jalan Damai

Jumat



Sergai | 88News.id : Polemik yang terjadi antara Perusahaan Perkebunan PT. Soeloeng laut dengan Masyarakat Peternak Lembu Desa Sinah Kasih dan Desa sekitarnya pada beberapa bulan belakangan ini temukan jalan damai dengan mencari solusi yang terbaik untuk kedua belah pihak.

Dimana pada pertemuan tersebut kedua belah pihak sepakat untuk mencari solusi dengan melakukan mediasi di salah satu rumah warga bernama Suryani yang berlokasi di Dusun IX Desa Sinah Kasih Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai , Jum’at ( 24/11/2023 ) Sekitar Pukul 11.00 WIB.

Peristiwa tersebut bermula ketika adanya larangan kepada masyarakat khususnya peternak jenis lembu , kambing atau yang lainnya tidak diperbolehkan mengangon ( mencari makan ) ternak lembu nya di areal Perkebunan PT. Soeloeng laut oleh pihak Perusahaan .

“ Sebelum nya masyarakat tidak ada larangan mengangon lembu bang , kenapa akhir belakangan ini masyarakat tidak di boleh kan lagi ada apa sebenarnya dengan perusahaan ini , kami bertahun – tahun mencari nafkah dari beternak dan cari makan nya dari rumput disini bang ” ujar Budi salah satu warga Desa Sinah Kasih

Dari Pihak Perwakilan Perusahaan PT. Soeloeng laut yang hadir Bapak ARIF, SH., MH. Yang menyampaikan “ adanya polemik perseteruan antara masyarakat desa sinah kasih dengan perusahaan perkebunan PT. Soeloeng laut dengan adanya larangan kepada masyarakat desa sinah kasih khususnya pada peternak lembu yang di larang pada pihak perusahan mengangon lembunya diareal perkebunanan ini disebabkan kecemasan perusahaan karena perkebunan sedang melakukan pestisida ( racun ) pada gulma dan rumput perusak tanaman dan di takut kan adanya rumput yang di di makan ternak masyarakat bisa mengakibat kan kematian “

“ Saya mewakili pihak Perusahaan memberikan solusi akan ada upaya untuk masyarakat peternak lembu, lokasi atau pun tempat tapi ini pun belum final kita masih menuggu proses dan kita masih bicarakan kepada pemilik perusahaan aspirasi bapak dan ibu sekalian akan saya sampaikan “ tutup Arif.

Dalam kesempatan tersebut dr Riski Ramadhan HasibuanSH,SE M.KM yang mewakili masyarakat menyampaikan “ Setelah ada nya pertemuan dan mediasi antara pihak perwakilan perusahaan yang datang khusus dari jakarta menemui masyarakat di Desa sinah kasih , Allhamdulillah ada beberapa solusi yang di berikan Tentunya kami menerima saran dan masukan dari masyarakat sehingga menjadi acuan pertimbangan dari perusahaan sehingga masyarakat mudah dam kembali dapat mengangon ternak lembu nya masing – masing “.

“ Saya meminta kepada pihak perwakilan perusaha PT.Soeloeng laut untuk lebih cepat menyelesaikan persoalan ini jangan sampai berlarut-larut .serta persoalan masyarakat peternak lembu ini akan kita kawal sampai menemukan titik terang. " tutup beliau. 

Pertemuan ini tersebut di hadiri yang mewakili Romo H.R. Muhammad syafi'i (anggota DPR RI komisi lll Gerindra), Tim Romo Centre serta beberapa masyarakat Desa Sinah kasih

Azwar/88News
Baca Juga