BPBD Sergai Implementasikan Program Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Desa Besar II Terjun //eptougry.net/4/6747296 -->

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

BPBD Sergai Implementasikan Program Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Desa Besar II Terjun

Editor: Iwan Susilo
11/08/2023

Foto : BPBD Kabupaten Serdang Bedagai melaksanakan implementasi Program pelatihan Pencegahan dan Mitigasi bencana, yang dilaksanakan di Desa Besar II Terjun, Kecamatan Pantai Cermin

Sergai  | 88News.id : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serdang Bedagai melaksanakan implementasi Program pelatihan Pencegahan dan Mitigasi bencana, yang dilaksanakan di Desa Besar II Terjun, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, Selasa (08/08/2023).


Plt.Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Sergai Frits Ueki Prapanca Damanik, SE MSi, melalui Sekretaris BPBD Sergai Sukma Permana, mengatakan bahwa kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi dilaksanakan berdasarkan undang undang no 24, tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan urusan bersama antara pemerintah, swasta dan masyarakat.


Kegiatan ini untuk meningkatkan manajemen penanggulangan bencana terutama di desa yang terdampak bencana perlu diberikan pemahaman yang baik kepada seluruh aparatur baik tingkat kecamatan maupun desa agar mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dalam pengurangan resiko bencana di daerah desa masing masing,” ucap Sukma Permana.


Sukma Permana juga menyampaikan bahwa Kabupaten Serdang Bedagai merupakan kabupaten yang terletak di Sumatera Utara yang memiliki tingkat kerawanan bencana, terutama banjir, tanah longsor dan puting beliung.


Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan, Ade suhendro, yang menjabat sebagai Analis Kebencanaan Ahli Muda di BPBD Sergai, sebelumnya menyampaikan dalam laporannya, bahwa kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 150 orang peserta, yang terdiri dari masyarakat, aparatur desa, dan para pengurus desa tangguh bencana, yang terdiri dari 3 desa, yakni Desa Besar II Terjun, Desa Pantai Cermin Kanan, dan Desa Celawan.


“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan keterampilan dan kemampuan peserta memperkecil resiko bencana “ ujar Suhendro.


Sedangkan Camat Pantai Cermin Muhammad Hidayat Tambunan, SE, mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan dan Mitigasi bencana yang dilaksanakan oleh BPBD Sergai tersebut sangat perlu bagi masyarakat.


“Alhamdulillah kita ucapkan atas adanya sosialisasi atau pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana yang diprakarsai oleh BPBD Sergai yang berkolaborasi dengan narasumber yang berasal dari BPBD Provinsi Sumut. 


Tentunya harapan kedepan sehingga masyarakat nantinya lebih tau dan lebih jelas bagaimana cara mengantisipasi atau mengambil langkah saat ada bencana,” tutup Hidayat Tambunan.


Hadir dalam acara tersebut, Plt.Kalak BPBD Sergai Frits Ueki Prapanca Damanik, S., MSi, Sekretaris BPBD Sergai Sukma Pramana, Camat Pantai Cermin, Muhammad Hidayat Tambunan, SE, Kepala Desa Besar II Terjun Sulaimansyah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, serta Satuan Tugas BPBD Sergai.


M.RORI F/88News