BPJS Kesehatan Kabanjahe Tunjuk Kecamatan Tigapanah Menjadi Pilot Project Program PESIAR -->

Sponsor

BPJS Kesehatan Kabanjahe Tunjuk Kecamatan Tigapanah Menjadi Pilot Project Program PESIAR

Redaksi88News
Sabtu
BPJS Kesehatan Kabanjahe Tunjuk Kecamatan Tigapanah Menjadi Pilot Project Program PESIAR

Foto : Kacab BPJS kesehatan Kabanjahe, foto bersama peserta di kantornya Kabanjahe


Kabanjahe | 88News.id : Dalam rangka mendukung percepatan Universal Health Coverage (UHC) berbasis UHC Desa di Kabupaten Karo melalui Program Petakan, Sisir, Advokasi, Registrasi (PESIAR), BPJS Kesehatan Kabanjahe menggelar sosialisasi yang melibatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karo serta seluruh Kepala Desa terkait.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kabanjahe, Nora Duita Manurung dalam Siaran Pers kepasa Awak Media, Jumat (19/4) memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran DPMD, camat, dan kepala desa yang telah mendukung terlaksananya Program JKN di Kabupaten Karo selama ini. 


Ia menjelaskan, Program PESIAR merupakan kegiatan terencana dalam rangka rekrutmen dan peningkatan keaktifan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dilakukan pihak ketiga dan ditugaskan atas rekomendasi perangkat daerah terkait.


“PESIAR bukan merupakan hal yang baru karena pada tahun 2023 Kabupaten Dairi sudah menjadi pilot project pelaksanaan program ini dan secara nasional sudah 128 desa yang melaksanakan Program PESIAR. Tujuannya adalah untuk membantu mewujudkan seratus persen UHC di wilayah Kabupaten Karo,” ujar Nora.


Nora mengatakan Program PESIAR akan diimplementasikan secara bertahap dengan prioritas desa mandiri, desa maju dan desa yang tingkat keberhasilannya tinggi dimulai pada bulan April sampai dengan Desember 2024.


“Pada tahun ini Program PESIAR akan diperluas melalui UHC desa dan yang menjadi pilot project pada kesempatan kali ini adalah Kecamatan Tigapanah mengingat ada enam desa yang merupakan desa dengan klasifikasi berkembang dan statusnya sudah menuju UHC dengan persentase UHC sudah mencapai 90 sampai dengan 93 persen dari persyaratan UHC 95 persen serta jumlah peserta yang cukup banyak. Berita baiknya pada tahun ini akan ada apresiasi berupa imbal jasa bagi Agen PESIAR yang telah ditunjuk oleh masing-masing kepala desa untuk melaksanakan program ini,” jelas Nora.


Nora juga menyampaikan bahwa Program PESIAR ini mendukung pembangunan program desa karena jika masyarakat desa telah terdaftar menjadi peserta JKN mereka tidak perlu takut lagi untuk berobat karena dimudahkan untuk mengakses layanan kesehatan melalui fasilitas kesehatan terdekat di desanya.


“Tentu jika sudah mendapatkan perlindungan finansial kesehatan masyarakat tidak perlu khawatir untuk memikirkan biaya saat berobat. Jika sudah demikian kesejahteraan akan meningkat sehingga kualitas hidup terjaga dan dapat mendukung program kesejahteraan desa. Saya berharap jika pesiar sudah berjalan dan progresnya bagus di Kecamatan Tigapanah tentu akan menjadi contoh bagi kecamatan lainnya untuk lebih semangat lagi dalam mewujudkan UHC,” pungkas Nora, pada pelaksanaan Rabu lalu.


Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Karo, Data Martina Br Ginting mengatakan bahwa ia dan tim pada prinsipnya sangat mendukung tercapainya UHC Kabupaten Karo khususnya di Kecamatan Tigapanah.


“Semoga nantinya program ini akan tercapai sesuai dengan harapan kita. Karena apapun aktivitas yang kita lakukan tanpa adanya jaminan kesehatan tentu tidak akan terlaksana dengan baik. Dengan adanya jaminan kesehatan masyarakat desa menjadi lebih nyaman. Saya berharap kepada Camat Tigapanah agar dapat memberikan dukungan penuh kepada seluruh kepala desa yang telah hadir beserta dengan orang-orang yang akan ditunjuk untuk menjadi Agen PESIAR nantinya,” ujar Data.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang DPMD Kabupaten Karo, Andy Sofian Sinuhaji mengatakan bahwa Program PESIAR tersebut mendukung salah satu tujuan pemerintah desa yaitu mewujudkan desa sehat dan sejahtera dan desa peduli kesehatan.


Andy berharap pencapaian SDGs Desa dapat disinergikan dengan Program PESIAR melalui pemanfaatan dana desa sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk mendukung optimalisasi kegiatan yang terkait dengan JKN. Misalnya dengan pemasangan spanduk atau bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam melaksanakan kegiatan sosialisasi yang terkait dengan JKN.


Acara tersebut ditutup dengan proses penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kabanjahe dengan lima Kepala Desa di Kecamatan Tigapanah yang nantinya akan menjadi pilot project terselenggaranya Program PESIAR.

    

Penulis : Pangab

Baca Juga

Berita Terbaru