Pj Bupati Paluta Resmi Buka Musrenbang (RKPD)Tahun 2025 -->

Sponsor

Pj Bupati Paluta Resmi Buka Musrenbang (RKPD)Tahun 2025

Rabu
Foto : Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025 - 2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Padang Lawas Utara


Paluta  | 88News.idPemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025 - 2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 Kabupaten Padang Lawas Utara yang diadakan di Aula Hotel Sapadia Gunung Tua, Selasa (27/2/2024). 


Acara Musrenbang secara resmi dibuka Penjabat (Pj) Bupati Padang Lawas Utara Patuan Rahmat Syukur P Hasibuan, S.STP. MM., dan turut dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Asisten 3, Ir.Suherman., Kepala Bapelitbang Sumut, Kepala BPS Paluta, Rektor ITS Paluta, UPT Bina Marga Gunung Tua, Unsur Forkopimda, serta tamu undangan lainnya.


Pj Bupati Padang Lawas Utara dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Musrenbang merupakan Amanat Undang-undang yang tertuang dalam Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang Tatacara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata cara evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah Daerah.


Pelaksanaan Musrenbang RPJPD dan RKPD Kabupaten Padang Lawas Utara merupakan salah satu media atau wadah untuk berdiskusi dalam merumuskan arah kebijakan dan prioritas pembangunan yang akan ditetapkan nantinya dalam dokumen RPJPD dan RKPD. Rancangan RPJPD Kabupaten Paluta tahun 2025 - 2045 dirumuskan dalam Visi, Padang Lawas Utara Sejahtera, Berdaya Saing dan Berkelanjutan.


Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) adalah Dokumen Perencanaan Daerah untuk periode satu tahun, Penyusunan Dokumen RKPD Tahun 2025 berpedoman kepada dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2024 - 2026.


"Tahun 2025 Pemkab Paluta merumuskan program kegiatan untuk mencapai target Lima Indikator Makro pembangunan daerah mulai dari laju pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen, penurunan angka kemiskinan diangka 8,15 persen,  pengurangan angka pengangguran 2,6 persen dan peningkatan indeks pembangunan manusia 72,5 persen, serta penurunan ketimpangan atau Gini ratio diangka 2 poin," ujar beliau .


Perlu diketahui, Pemerintah Daerah akan menitikberatkan pada pencapaian 9 indikator kinerja utama daerah yang terdiri dari :

1. Peningkatan Nilai Akuntabilitas Pemda dengan predikat BB. 

2. Mempertahankan Opini WTP terkait pengelolaan keuangan daerah. 

3. Peningkatan Indeks Pelayanan Publik dengan predikat B. 

4. Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui peningkatan angka harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah.

5. Peningkatan Kualitas Kesehatan melalui peningkatan angka harapan hidup. 

6. Peningkatan Sektor Pertanian terhadap PDRB. 

7. Peningkatan Sektor Pariwisata melalui peningkatan kunjungan wisatawan. 

8. Peningkatan Infrastruktur Daerah melalui peningkatan jalan dalam kondisi mantap dan persentase rumah tangga dengan akses air minum layak. 

9. Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup melalui peningkatan Kualitas Air dan Udara.


Upaya yang dilaksanakan Pemda dalam mencapai target kinerja diatas dilakukan melalui kegiatan strategis daerah. Hal ini bertujuan agar pemda dapat lebih fokus dan terarah untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan yang ditetapkan dalam Dokumen Rencana Pembangunan Daerah Tahun 2024 - 2026.


Penulis : IS

Baca Juga

Berita Terbaru