Miris, Selama 2 Tahun Puskesmas Pembantu Lobu Hala Desa Damuli Kebun Tanpa Aliran Listrik -->

Sponsor

Miris, Selama 2 Tahun Puskesmas Pembantu Lobu Hala Desa Damuli Kebun Tanpa Aliran Listrik

Redaksi88News
Senin

 Miris, Selama 2 Tahun Puskesmas Pembantu Lobu Hala Desa Damuli Kebun Tanpa Aliran Listrik

Bangunan Puskesmas Pembantu (Lobu Hala) tanpa adanya meteran listrik PLN


Labura | 88News.idPuskesmas Pembantu (Pustu) Lobu Hala, Desa Damuli Kebun Kec. Kualu Selatan Kab. Labura beroperasi tidak memiliki jaringan listrik sejak 2 tahun terakhir tahun 2021 karena diputus Perusahaan Listrik Negara (PLN), akibatnya masyarakat mengeluhkan pelayanan Pustu Lobu Hala terkesan lambat dan gelap gulita saat melayani perobatan dan administrasi masyarakat Desa Damuli Kebun, terpantau awak media di dinding Pustu Lobu Hala masih terjuntai kabel listrik dari tiang PLN, Senin (25/12/2023).


Kepala Pustu Lobu Hala Ibu Yuni saat dikonfirmasi awak media, Senin (28/12/2023) lalu membenarkan tidak adanya aliran listrik di Pustu Lobu Hala masih gelap gulita, sebab jaringan listrik Pustu Lobu Hala masih belum terpasang. 


" Saya kurang paham jelas tentang sebab pemutusan meteran lampu ini karena saya baru bertugas di Pustu Lobu Hala ini. Saya sudah pernah cerita kepada Kadis Kesehatan Labura, 'kapan dipasang kembali meteran lampu di Pustu Lobu Hala bu Kadis?, Jawab Ibu Kadis meteran masih diproses dan segera dipasang", jelas Ibu Yuni.


Terpisah, Mantan Kepala Pustu yang lama Nurmawati br Sipahutar saat dikonfirmasi awak media diwaktu yang sama mengenai arus listrik di Pustu Lobu Hala yang terputus tersebut,  menjelaskan tidak pernah mendapatkan biaya operasional perawatan gedung maupun listrik dan air di Pustu.


"Memang betul kalau meteran ditarik oleh pihak PLN Labura kerena anggaran dari dinas tidak pernah disalurkan oleh Dinas, kalau dinas  mengeluarkan angaran atau uang, pasti meteran sudah saya tebus dan dipasang kembali. Saya tahu persis anggaran buat Pustu ada, namun kadis diam saat saya menanyakan arus listrik di Pustu",  ucap Nurmawati br Sipahutar.


Dikonfirmasi awak media melalui sambungan telepon, Kepala Dinas ( Kadis) Kesehatan Ibu Janah Lubis, namun Kadis Kesehatan tidak mengangkat telepon, namun saat di hubungi melalui WhatsApp, Kadis Kesehatan menjawab "akan ditindak lanjuti segera".


Terpisah, saat awak media menemui petugas lapangan PLN Labura, Saragih menjelaskan bahwasanya baik dari Pihak Pustu dan Dinas Kesehatan tidak ada yang mengkonfirmasi mengenai waktu pemasangan kembali meteran listrik di Pustu Lobu Hala.

"Belum ada pak, pemasangan dan perencanaan menebus denda meteran itu, dan juga dari pihak Puskesmas Lobu Hala atau dari Dinas Kesehatan tidak ada atau belum nelpon atau datang ke kantor PLN agar memastikan pemasangan meteran kembali. Dan sampai saat ini saya kurang mengerti apa kedepannya," jelas Saragih.


Hingga saat ini Pustu Lobu Hala masih tetap beroperasi dalam melayani kesehatan, hal ini membuat warga resah dan kecewa karena pelayanan di Pustu tersebut tidak maksimal karena gelap gulita. 


Pengurusan surat rujukan dan pengurusan surat kesehatan lainnya terkendala dikarenakan tidak adanya arus listrik.


Penulis: Ahmadt P S

Editor: Ard

Baca Juga

Berita Terbaru