Kecamatan Kutalimbaru Bekerja Sama dengan Kacabjari Pancur Batu Selenggarakan Sosialisasi Jaga Desa -->

Sponsor

Kecamatan Kutalimbaru Bekerja Sama dengan Kacabjari Pancur Batu Selenggarakan Sosialisasi Jaga Desa

Rabu
Www.88News.id



Deliserdang | 88News.idKecamatan kutalimbaru bekerja sama dengan kacabjari pancur batu selenggarakan Sosialisasi jaga desa, yang diselenggarakan diseluruh desa sekecamatan kutalimbaru, mulai tanggal 04 Oktober 2023 s/d senin 09 Oktober 2023. Desa pertama diselenggarakan di desa Kwala Lau Bicik pada hari Rabu (4/102023).

Dalam pengarahanya, Yudi Syahputra selaku Kasubsi Kacabjari Pancur batu, menjelaskan “Jaga desa sebagai inovasi kejaksaan RI dalam upaya pencegahan penyimpangan dana desa sesuai dengan program 9  Nawacita menuju Indonesia hebat poin ke 3 membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan", ucapnya.

“Kejaksaan  mempunyai tugas yang berkaitan dengan sektor ketahanan budaya, pemberdayaan masyarakat desa, pengawasan organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat” lanjutnya.

Tujuan jaga desa ini untuk mewujudkan Desa yang maju mandiri dana desa rawan akan penyimpangan, penyalahgunaan dana desa bisa dikarenakan kealpaan (kelalaian), diantaranya karena lemahnya dalam administrasi Keuangan, kesalahan perencanaan, penyusunan laporan, penyusunan spesifikasi pekerjaan, kesalahan estimasi Biaya.

Penyimpangan dan penyalahgunaan dana desa bisa juga dikarenakan Kesengajaan, Seperti duplikasi anggaran (double Anggaran), tidak sesuai peruntukan pungutan atau pemotongan dana desa oleh oknum pejabat kecamatan atau kabupaten, perjalanan dinas fiktif, penggelembungan pembayaran belanja, membuat kegiatan atau proyek fiktif yang dananya dibebankan dari dana desa.

Lanjut Camat Kutalimbaru Avro Wibowo, SSTP menyampaikan "Pentingnya melaksanakan peraturan daerah kabupaten deli serdang nomor 4 tahun 2021 tentang pengelolaan sampah, Perda ini memiliki tujuan untuk mewujudkan kabupaten deli serdang yang sehat dan bersih dari sampah yang dapat menimbulkan dampak negative terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan.

Senada dengan itu Kepala Desa Kwala Lau Bicik Sedia Sembiring menutup acara dan berpesan "dengan adanya kegiatan ini masyarakat semakin faham  tujuan dari Sosialisasi ini, dan ikut serta berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan desa, dan mengawasi penggunaan dana desa",tutupnya.

Indra W/88News
Baca Juga

Berita Terbaru