• Jelajahi

    Copyright © Media Online Delapan Delapan News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Terkini Lainnya

    Peringatan HUT RI Ke-78 di Kabupaten Karo Berlangsung Meriah dan Semarak

    Editor: Iwan Susilo
    20/08/2023, August 20, 2023 WIB Last Updated 2023-08-20T16:18:56Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini
    Foto : Pengibaran Bendera sang Merah-Putih, pada Upacara HUT RI Ke-78 Tahun 2023 Kabupaten Karo, di Stadion Samura Kabanjahe


    Kabanjahe  | 88News.id : Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekan RI ke-78 di Kabupaten Karo berlangsung meriah dan disambut antusias oleh masyarakat. Acara pada tanggal 17 Agustus 2023 dimulai pada pukul 09.45 WIB di Lapangan Bola Stadion Samura Kabanjahe dengan agenda upacara peringatan detik-detik proklamasi dimana teks proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Karo Ibu Iriani , dilanjutkan dengan Pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Inspektur Upacara yaitu Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang.  

    Upacara tersebut diikuti oleh unsur TNI/POLRI, ASN, para pelajar SMP dan SMA beserta tim drumband/marching band tidak ketinggalan barisan Bhineka Tunggal Ika dari masing-masing sekolah , Ormas dan seluruh masyarakat yang hadir, dilanjutkan dengan pawai keliling kota Kabanjahe oleh peserta upacara dan diterima oleh Forkopimda Kabupaten Karo di depan Rumah Dinas Bupati Karo. 


    Sebelum pelaksanaan upacara di Lapangan Bola Stadion Samura, seluruh ASN mengadakan apel peringatan HUT RI ke-78 pada pukul 07.30 WIB di kantor instansi masing masing. 


    Setelah selesai upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Bola Samura rombongan Forkopimda menuju Rumah Tahanan Negara kelas II B Kabanjahe untuk memberikan remisi umum kepada 483 warga binaan Rutan Tahanan Negara kelas II B Kabanjahe. Pemberian remisi dilakukan secara simbolis oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang. 


    Selepas dari rutan, rombongan Forkopimda bergerak ke Rumah Dinas Bupati Karo untuk menerima rombongan pawai yang dilaksanakan di depan Rumah Dinas Bupati Karo, tampak Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo serta seluruh unsur Forkopimda secara bergantian menerima peserta pawai. 


    Pada saat pawai rombongan SMA GBKP Kabanjahe tiba didepan panggung kehormatan tampak seluruh unsur Forkopimda turun dan ikut menari bersama.


    Tampak juga Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting diarak oleh "Sisingaan" yang di bawa oleh peserta pawai "Wargi Sunda". Ini menunjukkan keberagaman budaya di Kabupaten Karo. 


    Setelah penerimaan pawai selesai rombongan Forkopimda Kab. Karo bergerak menuju Lapangan Samura untuk mengikuti Upacara Penurunan Bendara Merah Putih yang dirangkai dengan penyerahan piagam/hadiah perlombaan dan Aubade. Inspektur upacara pada saat penurunan Bendera Merah Putih adalah Dandim 0205/TK, Letkol Inf. Benny Angga Ambar Suoro. 


    Pada malam hari sekitar pukul 19.30 WIB acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah Forkopimda Kabupaten Karo bersama perintis dan pejuang kemerdekaan, LVRI, angkatan 45, Wredatama, Tokoh Agama, Pemuda dan Masyarakat serta Paskibraka Kab. Karo yang sukses melaksanakan tugas Pengibaran dan Penurunan Bendera Merah Putih. 


    Dalam sambutannya, Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 harus dijadikan introspeksi dan evaluasi perjalanan bangsa. 


    Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 Tahun 2023 mengusung tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju". 


    "Tema perayaan kemerdekaan dinilai merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa Indonesia," ucap bupati karo. 


    Ada yang menarik pada saat Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang memberi apresiasi kepada salah satu masyarakat warga Desa Rumah Kabanjahe, yang bernama Freeogen Purba, dimana atas kesadarannya sendiri dan bentuk kecintaan serta antusiasmenya menyambut HUT Kemerdekaan RI, Ia mengibarkan Bendera Merah Putih diatas Pohon Aren yang tumbuh di ladangnya , atas upayanya tersebut Bupati Karo mengucapkan rasa bangga dan terimakasih serta memberikan bingkisan kepada Bapak Freeogen Purba, sembari berharap semangat dan antusiasme Bapak Freeogen Purba dapat ditiru oleh masyarakat luas khususnya generasi muda bangsa. 


    Sebelumnya pada hari Rabu (16/08/2023) Pemerintah Kab. Karo menggelar kegiatan Pawai Obor/Taptu yang dimulai dari Lapangan Sekolah GBKP Kabanjahe yang di lepas oleh Kepala Kejaksaan Negeri Karo, Tri Sutrisno, S.H., M.H. menuju depan Rumah Dinas Bupati Karo Jalan Veteran Kabanjahe yang disambut oleh Forkopimda Kab. Karo. 


    Meskipun hujan deras, ribuan masyarakat dan peserta pawai sangat antusias mengikuti dan menyaksikan pawai obor untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023. 


    Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang dan Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting mengapresiasi dan bangga terhadap antusias masyarakat Kab. Karo, khususnya para pelajar SD, SMP dan SMA yang tetap semangat mengikuti pawai untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI. 


    Setelah pawai obor pada hari Rabu (16/08/2023) dilanjutkan dengan Apel Kehormatan/Renungan Suci yang dipimpin oleh Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, S.H., S.I.K., M.M bertempat di Makam Pahlawan Kabanjahe, untuk menyambut HUT RI ke-78 pada keesokan harinya. 


    Calvin/88News



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini