Wali Kota Lepas Manasik Haji Sekaligus Tepung Tawar Calhaj Padang Sidempuan -->

Sponsor

Wali Kota Lepas Manasik Haji Sekaligus Tepung Tawar Calhaj Padang Sidempuan

Admin
Rabu
Pemerintah Kota Padang Sidempuan menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji sekaligus Tepung Tawar di Halaman Kantor Wali Kota


88News.id | Padang Sidempuan : Pemerintah Kota Padang Sidempuan menyelenggarakan Bimbingan Manasik Haji sekaligus Tepung Tawar di Halaman Kantor Wali Kota, Rabu (24/5/2023).


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Sidempuan Masir Rambe melaporkan seputar calon jemaah haji Kota Padang Sidempuan.


Masir menyebutkan, Jumlah Calon Jemaah Haji Kota Padang Sidempuan 320 Orang dan 27 Orang Cadangan dan telah melunasi, sebanyak 4 orang Tunda, 1 orang Meninggal Dunia.


"Kami laporkan kepada Pak Wali, Jumlah Calon Jemaah Haji Kota Padang Sidempuan yang berangkat tahun ini 355 orang, dengan rincian Pria 121 orang dan Wanita 234 orang", katanya.


"Adapun tercatat jemaah tertua Hasan Basri Bin Abdul Malik usia 93 Tahun, dan jemaah yang termuda Siti Desi Marsiah Binti Arseh 29 Tahun", katanya.


Kakan Kemenag yang juga merupakan Ketua Kloter 19 menambahkan, Jemaah Haji Kota Padang Sidempuan tergabung dalam Kloter 19, Kami Estimasikan Jemaah akan memasuki Asrama Haji Medan pada 10 Juni 2023, Berangkat dari Bandara Kuala Namu 11 Juni, dan Tiba di Bandara Jeddah 12 Juni 2023.


Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution dalam sambutannya menyampaikan, hari ini berkumpul di sini untuk merayakan acara tepung tawar dan manasik haji, yang menjadi langkah awal dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi momen suci yang sangat ditunggu-tunggu ini.


Beliau menambahkan, saudara sekalian adalah orang-orang yang terpilih untuk menunaikan ibadah haji, sehingga memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjalankannya, tuturnya.


Acara tepung tawar ini adalah momen yang istimewa di mana kita melepaskan segala dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan di masa lalu. Dengan bersatu dalam kebersamaan, kita memohon ampunan Allah dan berusaha membersihkan hati kita, sehingga saat kita berangkat nanti, kita berangkat dengan jiwa yang bersih dan terang.


"Selain itu, manasik haji juga sangat penting dalam persiapan kita menjalani ibadah haji. Saat kita belajar dan memahami rukun, tata cara, dan makna ibadah haji, kita akan lebih siap dan lebih memahami esensi dari setiap ritual yang akan kita laksanakan di Tanah Suci. Kami berharap sepulang dari Tanah Suci akan menjadi Haji yang Mabrur", tuturnya.


Kami juga menyampaikan, Pemerintah Kota Padang Sidempuan sedang mempersiapkan secara teknis, baik transportasi, jadwal Pemberangkatan agar tidak ada suatu kendala apapun, tuturnya.


Hadir Wali Kota, Wakil Wali Kota, Kapolres, Dandim 0212/TS, Kejari, Sekretaris Daerah, Ketua MUI, Ketua IPHI, Ketua Bazda, Wakil Ketua TP PKK, Ketua DWP, Para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, dan Calon Jemaah Haji.


RYR/88News

Baca Juga