Stenly Umboh.SSTP.MAP: "Desa Tolok Satu Bisa Wakili Kecamatan Tompaso Jadi Pemenang Di Minahasa" -->

Sponsor

Stenly Umboh.SSTP.MAP: "Desa Tolok Satu Bisa Wakili Kecamatan Tompaso Jadi Pemenang Di Minahasa"

Redaksi88News
Rabu
Stenly Umboh.SSTP.MAP : "Desa Tolok Satu Bisa Wakili Kecamatan Tompaso Jadi Pemenang Di Minahasa"


Minahasa | 88News.id: Sepekan penilaian Evaluasi Tingkat Perkembangan Desa / Lomba Desa di kecamatan Tompaso Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara, akhirnya menemukan desa andalan yang bisa menjadi kandidat perwakilan kecamatan Tompaso untuk ditampilkan pada Lomba Desa Tingkat Kabupaten. 


Hal ini diungkapkan oleh Camat Tompaso Stenly Umboh.SSTP.MAP bersama tim penilai lomba Desa Kecamatan Tompaso yang dikomandani Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Tompaso Djenny Laluyan SPd di Desa Tolok Satu, pada hari Rabu (08/05/2024). 


Hukum Tua (Kades) Tolok Satu Meldy Onibala.SPd yang menyambut kedatangan tim penilai lomba Desa tersebut, bersama perangkat Desanya menyampaikan laporan tentang kesiapan Pemerintah Desa (Pemdes) Tolok Satu, jika nantinya akan menjadi utusan Kecamatan Tompaso di tingkat Kabupaten Minahasa. 

Bahkan, menurut  Kades Meldy Onibala, Desa Tolok Satu yang dipimpinnya saat ini, jika diperlukan mewakili Kabupaten Minahasa, akan mampu tampil di ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Utara.  

Selain mekanisme penilaian dalam evaluasi perkembangan desa yang umumnya telah dijabarkan setiap Desa pada setiap tahunnya yang menjadi indikator utama tentang adminstrasi dan kondusifitas keamanan serta kebersihan jalan-jalan desa yang bebas sampah dan kebersihan serta keindahan halaman rumah warga desa, terutama yang ada di kanan kiri jalan utama di Desa setempat.

Dikatakan Camat Umboh bahwa pelaksanaan lomba desa atau evaluasi perkembangan desa mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 81 tahun 2015. 

"Desa Tolok Satu sudah layak jadi utusan Kecamatan Tompaso dan pasti akan mampu bersaing di ajang lomba Desa tingkat Kabupaten Minahasa, dimana ada Desa akan menjadi perwakilan dari Kecamatan lainnya untuk direkomendasikan menjadi utusan Pemerintah Kecamatan." 

Ditambahkan Camat Stenly Umboh, bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam menunjang program-program pembangunan pemerintahan desa serta peran serta dalam menjaga stabilitas keamanan di lingkungan rumah dan sekitarnya.

Penulis: Harry
Baca Juga

Berita Terbaru