Kecamatan Sonder Tampilkan Desa Keuneran Satu Untuk Evaluasi Lomba Desa Kabupaten Minahasa 2024 -->

Sponsor

Kecamatan Sonder Tampilkan Desa Keuneran Satu Untuk Evaluasi Lomba Desa Kabupaten Minahasa 2024

Redaksi88News
Rabu


Minahasa | 88News.id: Ajang Evaluasi dan Perlombaan Desa di Kabupaten Minahasa, memasuki tahap peninjauan tim penilai lomba Desa dari tingkat Kabupaten Minahasa, Rabu (15/05/2024) Desa Keuneran Satu Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa yang adalah juara lomba Desa di kecamatan tersebut, hari ini Rabu (15/05/2024) dinilai oleh tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) bersama dari Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang), Dinas Pendidikan Kabupten Minahasa dan juga Akademisi Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. 


Penilaian lomba Desa Keuneran Satu ini, menurut sekretaris Tim penilai lomba Desa Kabupaten Minahasa Hasna Said di balai Desa Keuneran Satu, semua Desa punya peluang untuk menang di ajang lomba Desa, yang terutama mampu memenuhi syarat-syarat yang sudah kami Tim penilai Kabupaten sosialisasikan sebelumnya. 


Hasna menyebut salah satu indikator persyaratan adalah tingkat partisipasi atau kearifan masyarakat yang ada di Desa. Bila partisipasi masyarakat Desa itu dominan dan baik, pasti semua kegiatan yang diprogramkan pemerintah Desa akan berjalan sesuai target pembangunan Desa. 


Begitupun administrasi pemerintahan Desa yang secata teknis, idealnya harus didukung dengan data dan dicantumkan dalam profil desa. Inilah indikator - indikator yang bisa membuat suatu desa layak menjadi juara lomba Desa," ujar Hasna. Camat Sonder Dianny Dien SSTP.MAP yang turut bersama tim penilai lomba Desa Keuneran Satu kali ini, mengatakan harapannya agar tim penilai dari tingkat Kabupaten dapat secara objektif melaksanakan penilaian bagi Desa Keuneran Satu yang ada di wilayah kepemimpinan pemerintahan Kecamatan Sonder. 


Senada dengan itu Camat Sonder, Hukum Tua (Kades) Keuneran Satu Hanny Raintung menyampaikan bahwa dirinya selaku Kades, bersama perangkat Desa yang ada dan Badan Pertimbangan Desa (BPD) Keuneran Satu, sejak awal sudah mempersiapkan segala sesuatunya sesuai persyaratan yang disyaratkan oleh tim penilai. 


"Itulah kami juga berterima kasih kepada masyarakat Desa Keuneran Satu yang turut menunjang progaram lomba Desa tahun 2024 ini, sehingga Desa kami menjadi pemenang di Kecamatan Sonder dan dapat menjadi perwakilan kecamatan Sonder di lomba Desa tingkat Kabupaten Minahasa," pungkas Kuntua Hanny Raintung.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru