Pemkab SITARO Tetapkan Status Tanggap Darurat Akibat Letusan Gunung Ruang, Sampai 14 Hari Ke Depan -->

Sponsor

Pemkab SITARO Tetapkan Status Tanggap Darurat Akibat Letusan Gunung Ruang, Sampai 14 Hari Ke Depan

Redaksi88News
Selasa
Pemkab SITARO Tetapkan Status Tanggap Darurat Akibat Letusan Gunung Ruang, Sampai 14 Hari Ke Depan


Sitaro | 88News.id: Pemerintah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menetapkan perpanjangan status tanggap darurat erupsi Gunung Api Ruang, selama 14 hari kedepan.


Penetapan status tanggap darurat Gunungapi Ruang dimulai pada 30 April 2024 sampai 14 Mei 2024 mendatang, hal ini dibahas pada rapat bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, di ruang rapat kantor Bupati SITARO pagi, Selasa, (30/04/2024). 


“Menyikapi erupsi yang terjadi (30/4) dinihari tadi, kami kembali menetapkan perpanjangan status tanggap darurat Gunung api Ruang selama 14 hari kedepan,” kata Penjabat (Pj) Bupati Sitaro Drs.Joi Oroh.  


Seperti yang dilansir beberapa mass media lokal di Kabupaten Sitaro, sebelumnya status tanggap darurat erupsi Gunung api Ruang ditetapkan pada 16 April 2024 dan berakhir 29 April 2024, ini pasca erupsi Gunung api Ruang yang menyebabkan dua kampung di Pulau ruang  dievakuasi bersama ribuan warga lainnya yang ada di Pulau Tagulandang.


Sementara itu, Pj Bupati Sitaro Drs.Joi.E.B.Oroh memastikan telah dilakukan evakuasi warga di Pulau Tagulandang ke Pulau Siau untuk akses yang lebih aman,  "Setidaknya ada lima kapal yang akan dikerahkan untuk membawa warga masyarakat yang terdampak bencana erupsi Gunung Ruang untuk mengungsi keluar pulau Ruang", ucap Pj Bupati Sitaro


"Siang ini, kami memberangkatan kapal Fery KM Lohoraung dan malam nanti KM Lokongbanua dan ada juga kapal KN Bimasena milik SAR. Kami juga dibantu kapal KRI Kakap milik TNI AL dan Kapal daei KKP yang akan membawa warga ke Kota Manado dan Bitung,” pungkas Joi Oroh.


Perihal siapa saja yang menjadi prioritas untuk di evakuasi, Oroh mengatakan tidak dibatasi, semua warga yang ingin meninggalkan pulau menjadi prioritas.


Penulis: Harry

Baca Juga

Berita Terbaru