SD Bertaraf 'Penggerak' Minim Bantuan Pemerintah -->

Sponsor

SD Bertaraf 'Penggerak' Minim Bantuan Pemerintah

Redaksi88News
Kamis

Kepala SD "Penggerak"Advent Tompaso Linda Mewengkang,SPd.,M.AED

MINAHASA | 88NEWS.ID: Sekolah Dasar (SD) Advent Tompaso II di Kecamatan Tompaso Barat Kabupaten Minahasa merupakan sekolah "penggerak" di Kabupaten Minahasa.


Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.


Namun dibalik kesuksesan dari SD yang berada dibawah naungan Yayasan Advent, ternyata Sekolah Dasar (SD) yang terletak di wilayah Desa Tompaso Dua di lokasi Sekolah Lanjutan Advent (SLA) sangat jarang mendapat support bantuan sarana prasarana (Sarpras) pendidikan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa.


Kepala Sekolah SD Adven Linda Mewengkang,S.Pd,.,M.AED, kepada wartawan, Kamis pagi (7/3/2024) diruang kerjanya mengatakan fokus utama pihak sekolah adalah Pembelajaran yang menyenangkan bagi seluruh siswa.


“SD Advent adalah SD pertama di Kabupaten Minahasa dengan status Sekolah "penggerak" dimana seluruh guru dan termasuk Kepala Sekolahnya, bersertifikat "Guru Penggerak". Dengan Jumlah siswa 196 orang. Bahasa inggris (bahasa Internasional) jadi bahasa yang digunakan sehari-hari oleh siswa-siswi dilingkungan sekolah, namun  bahasa indonesia tentunya lebih banyak”, ucap Mewengkang.


Ditambahkan Mewengkang tidak ada guru berstatus pegawai negeri status para pengajar adalah misionari atau memiliki talenta dan dibiayai oleh pihak yayasan.


“Harus diakui sampai saat ini SD Adven sangat jarang tersentuh bantuan Pemerintah Kabupaten Minahasa khususnya melalui Dinas Pendidikan”, tambah Mewengkang.


Meski demikian lanjut Mewengkang, pihak sekolah tidak hanya menunggu adanya bantuan Pemkab namun yang harus dikedepankan adalah para siswa karena pembelajaran yang menyenangkan bagi seluruh siswa, adalah fokus utama. 


Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Minahasa, Tommy Wuwungann SPd.MPd ketika dikonfirmasi, membenarkan bahwa SD Advent Tompaso adalah SD yang bertaraf Sekolah Penggerak. 


Dikatakan Wuwungan bahwa ada 2 SD di Kabupaten Minahasa berstatus SD Penggerak yang satu, di Ibu Kota Kabupaten Minahasa, Tondano, tepatnya SDN Sasaran Tondano, pungkasnya. 


Penulis: Harry Bujung

Baca Juga

Berita Terbaru