Limbah PKS PT. TAN Desa Terang Bulan Labura Di Duga Cemari Lingkungan -->

Sponsor

Limbah PKS PT. TAN Desa Terang Bulan Labura Di Duga Cemari Lingkungan

Redaksi88News
Rabu
PT. Tari Agro Nabati yang berada di Desa Terang Bulan Kabupaten Labura


Labura | 88News.id: Limbah pabrik Pengelolaan Kelapa Sawit (PKS) PT. Tari Agro Nabati yang berada di Desa Terang Bulan Kabupaten Labura semakin menyiksa warga yang bermukim tidak jauh dari PKS.


PT. TAN mengalirkan limbah pengelolaan sawit melalui parit yang menimbulkan aroma yang sangat menggangu pernapasan warga sekitar dengan bau tidak sedap.


Mak Tama (39) warga Desa Terang Bulan yang dekat dari PT.TAN mengeluhkan aroma yang berbau tidak sedap sangat menusuk hidung hingga mengakibatkan kepala sakit, setiap hari tepatnya menjelang Maghrib PT.TAN membuang limbahnya.


Limbah PT.TAN mengalir membuat pencemaran lingkungan di lingkungan warga sekitar


"Kami nggak nyaman nyium bau limbah pabrik, baunya menusuk hidung hingga sakit kepala kami dan sampe muntah. Nggak ada perwakilan PT yang merespon keluhan kami sampai sekarang ini", ucap Mak Tama.


"Pabrik kalau menjelang Maghrib buang limbahnya, apalagi kalau hujan, waduh!!! kesempatan pabrik buang limbahnya banyak banyak, nggak bisa tidur kalau udah buang limbah", jelas Mak Tama lagi.


Pabrik PT TAN membuang limbahnya sudah sekitar 2 tahun, limbah dialirkan melalui parit yang melintasi perumahan warga sampai ke parit jalan lintas Sumatera.


Warga dan media mengkonfirmasi kepada manajemen PT. TAN terkait aroma limbah yang sangat mengganggu, namun Management belum mengangkat seorang penanggung jawab tentang pembuangan limbah dan dampaknya terhadap lingkungan atau AMDAL.


Masyarakat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Labura Dinas Lingkungan Hidup untuk dapat mengevaluasi izin Pabrik Kelapa Sawit PT. TAN.


" Kami mewakili seluruh warga meminta untuk mengalihkan pembuangan limbah jauh dari pemukiman warga", pinta Mak Tama mewakili warga.


Penulis: APS

Editor : Mah

Baca Juga

Berita Terbaru