Kelompok Tani STMB Gelar Aksi Demo di DPRD Sumatra Utara, Tuntut Pemerintah Laksanakan Reforma Agraria -->

Sponsor

Kelompok Tani STMB Gelar Aksi Demo di DPRD Sumatra Utara, Tuntut Pemerintah Laksanakan Reforma Agraria

Admin
Selasa
Foto : Kelompok Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang, akan mengadakan aksi demo ke DPRD Sumatera Utara


Medan | 88News.idKelompok Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) Desa Sei Mencirim Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang, akan mengadakan aksi demo ke DPRD Sumatera Utara hari ini Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (26/09/2023).


Aksi ini dilaksanakan sekaligus memperingati HARI TANI NASIONAL yang jatuh pada tanggal 26 September 2023.


Imam wahyudi selaku kordinator aksi menjelaskan, "kelompok Tani STMB yang ikut tergabung dalam Aliansi Pejuang Reforma Agraria (APARA) menuntut agar pemerintah melaksanakan Reforma Agraria sejati, Berantas mafia tanah, Hentikan Kriminalisasi dan Diskriminasi Petani/ Masyarakat Adat serta hentikan Perampasan Tanah rakyat", tegasnya.


STMB sendiri adalah kelompok tani yang berdiri dari para petani korban penggusuran yang dilakukan oleh PTPN II pada tahun 2020, dimasa pandemi covid 19, dimana lahan dan rumah dihancurkan tanpa ganti rugi. 


Bersama kelompok Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) yang juga korban penggusuran, dimana lahannya kini telah berdiri perumahan, pernah mengadakan aksi jalan kaki dari Medan ke Jakarta diikuti oleh lebih dari 150 orang.


SPSB  menuntut pengembalian lahan yang telah diambil oleh PTPN II. Pemerintah telah berjanji untuk mengembalikan dan mengganti lahan beserta membangun rumah untuk para petani, namun sudah 2 tahun lebih janji itu belum juga terwujud.


Para petani berharap, dengan aksi ini pemerintah segera merealisasikan janji yang pernah diberi, berupa lahan untuk para petani, dan mengembalikan tanah yang telah bersertifikat, tutupnya.


Indra W/88News

Baca Juga

Berita Terbaru